Pages

Monday, July 16, 2012

Apa itu ISO dan bagaimana cara menggunakannya?

ISO pada setting kamera SLR digital Anda mengacu pada kecepatan film. Meskipun kamera Anda kemungkinan besar tidak film sama sekali, melainkan digital, pengaturan kamera ISO masih memiliki fungsi yang sama dengan kamera film yang lebih tua. ISO menentukan seberapa sensitif sensor gambar terhadap cahaya.

Pengaturan kamera yang paling umum untuk kecepatan ISO: 100, 200, 400 dan 800. Tergantung pada model kamera digital Anda, kamera lain juga mungkin memiliki kecepatan ISO pada kisaran 64, 100, 160, 200, 400, 640, 800, 1600.
Pada digital Canon, anda dapat melihat pengaturan ISO dengan melihat pada LCD. Hal ini mirip dengan kebanyakan kamera digital SLR. Jika Anda tidak dapat menemukan hal ini pada model kamera anda, lihatlah pada panduan kamera Anda. Seperti yang Anda lihat dengan contoh di sebelah kanan, ISO dalam hal ini ditetapkan sebesar 100.

Jika jumlah ISO rendah, maka semakin lambat kecepatan. Semakin tinggi angka ISO, misalnya 1600 semakin cepat kecepatan.

Bagaimana kecepatan ISO mempengaruhi hasil akhir foto?
Jika Anda mengatur kamera digital Anda ke ISO rendah, misalnya 100, foto yang dihasilkan akan lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan ISO dengan set 1600. Semakin tinggi ISO semakin kasar foto akan terlihat. Oleh karena itu pergi untuk angka ISO rendah bila memungkinkan.
Namun ada beberapa situasi di mana kualitas sebuah foto yang menuntut penggunaan ISO yang tinggi. Misalnya memotret ikan di akuarium gelap biasanya akan di luar jangkauan titik menembak kamera. Seperti yang Anda lihat dengan gambar di bawah ini, pengaturan kamera DSLR saya ke ISO 1600 tinggi membuat tugas ini mungkin. Jika tidak, tidak akan cukup cahaya yang masuk ke sensor dan hasil gambar akan benar-benar hitam.

Tentu saja anda bisa memilih setting ISO kamera lebih rendah dan menggunakan lampu kilat built-in. Namun hal ini akan mengakibatkan kilauan lampu Flash yang tidak diinginkan memantul dari kaca. Dengan pemikiran ISO yang lebih tinggi (misalnya 800) juga disarankan jika Anda ingin mengambil foto-foto orang di malam hari tanpa menggunakan flash.

Bagaimana mengubah digital SLR setting ISO? 
Untuk mengubah pengaturan ISO pada kamera Digital SLR Anda, tekan tombol ISO kemudian menggunakan 'tombol atas bawah kiri dan kanan' untuk mengubah kecepatan. Sekali lagi, jika Anda tidak memiliki opsi ini lihat manual kamera Anda karena mungkin sedikit berbeda antara merek. 

Catatan: Bila kamera Digital SLR anda berada pada mode otomatis, kecepatan ISO akan dipilih untuk Anda sesuai dengan tingkat cahaya yang tersedia pada waktu tertentu.




 

No comments:

Post a Comment