Selasa, 17 Juli 2012

Apa itu RAW Format file CR2 dan apa keuntungan dan kerugiannya?

Kamera Digital SLR biasanya menyimpan gambar dalam format jpg atau format raw (atau keduanya), tergantung pada model kamera dan pengaturan. Kelemahan menyimpan ke dalam format jpg adalah kualitas foto menjadi memburuk atau kehilangan kualitas asli dari foto itu sendiri dan juga akan kehilangan semua informasi mentah yang pada awalnya dikumpulkan oleh kamera.
Namun, jika Anda mengatur kamera untuk menyimpan dalam format CR2 RAW maka semua data akan tersimpan dengan lebih baik.

Bila mungkin gunakanlah format RAW atau jika Anda pengguna kamera Canon Digital SLR ubahlah pengaturan ke JPG + RAW yaitu menyimpan setiap gambar dalam dua format file yang berbeda, satu jpg dan satunya lagi RAW. dan kemudian Anda dapat mengedit secara degital file jpg sebanyak yang Anda inginkan, karena salinan asli dari file RAW telah tersimpan dengan baik untuk jika diperlukan di masa yang akan datang.

Bagaimana mengkonversi dan mengedit file RAW?
Jika Anda perlu mengkonversi file RAW menjadi JPG sehingga Anda dapat menggunakannya pada website atau untuk dicetak, maka Anda membutuhkan paket konversi software yang dapat membaca format ini. Kemungkinan, jika kamera DSLR memiliki opsi file RAW, maka saat pembelian Anda juga harusnya telah diberikan paket perangkat lunak dalam bentuk CD. Misalnya Canon, setiap pembelian kamera SLR  ini akan disertakan software Digital Photo Professional. Jika tidak ada, maka Anda dapat men-download software lain seperti misalnya Photoshop Camera Raw plug-in.

Keuntungan lain jika menseting kamera Digital SLR anda ke format RAW
Keuntungan lain untuk menggunakan RAW adalah bahwa Anda tidak perlu menset white balance pada kamera Anda atau pengaturan lain ketika Anda mengambil foto. Anda dapat mengubah ini nanti menggunakan editor RAW. Hal ini sangat berguna untuk pemula yang mungkin lupa untuk mengubah settingan dari portrait ke landscape ketika memotret dari satu objek ke objek yang lain.

Kerugian jika memotret dengan RAW
Seperti kebanyakan hal, ada juga beberapa kelemahan yang harus diperhitungkan ketika mengatur kamera digital SLR untuk memotret dalam format RAW. RAW CR2 file merupakan file yang sangat besar dan akan menguras kapasitas penyimpanan pada kartu memori kamera dan pada alat penyimpanan lainnya. Jika anda berencana untuk melakukan pemotretan dalam mode ini maka saya sarankan anda memiliki sedikitnya dua kartu memori 4GB untuk kamera Anda. Untuk backup hasil foto itu sendiri anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan DVD. Memiliki komputer yang cepat untuk mengedit file RAW juga sangat dibutuhkan. Karena jika Anda menggunakan komputer yang lambat atau sudah lama (dibeli sekita 5 tahun yang lalu) Anda mungkin akan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam hanya untuk membuka folder dari file RAW.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas artikel anda...
    Sangat bermanfaat, kongkrit, dan mudah di mengerti...
    Sukses terus untuk blog anda...

    Salam kenal

    Saya Mr. Seven ( w w w. 7bonw o r l d .blog spot . c o m )

    BalasHapus
  2. Sangat membantu sekali ...terima kasih.

    BalasHapus

Share It