Senin, 16 Juli 2012

Cara menggunakan kamera DSLR

Jika ANDA baru saja membeli kamera DSLR pertama anda atau diberikan sebagai hadiah, anda harus mengetahui beberapa tips yang baik tentang cara menggunakannya. SLR digital tidak semudah titik menembak kamera karena kamera ini memiliki lebih banyak pengaturan.

Pengaturan otomatis.
Jika Anda seorang pemula dalam bidang fotografi SLR, anda harus berusaha menikmati dalam menggunakannya dan juga dalam penanganannya. untuk itu cobalah dengan menggunakan menu OTOMATIS (AUTOMATIC). Untuk menggunakan menu ini, anda hanya tinggal memilih mode dengan lambang yang terlihat seperti persegi panjang pada pilihan mode kamera anda.  
Bila kamera anda telah terseting otomatis, semua pengaturan penting seperti ISO, Aperture dan Eksposur akan secara otomatis pula terseting sesuai dengan kondisi objek yang akan ditangkap oleh kamera.

Tips Untuk Pemula:  Untuk melakukan pemotretan, lakukanlah dalam 2 langkah. langkah yang pertama adalah menekan tombol shut (shutter button) sampai mengganjal (setengah tekan) dan tunggu sampai lensa kamera mendapatkan fokus yang baik. dan kemudian dilanjutkan ke langkap yang kedua yaitu menekan tombol shut terus ke dalam sampai kamera mengambil gambar.

6 pengaturan otomatis yang akan Anda temukan pada kamera Digital SLR Anda:
Pengaturan DSLR berikut ini dapat ditemukan pada beberapa merek kamera. Namun, tergantung pada merek kamera Anda, beberapa mungkin tidak tersedia.
  1. Potrait : Atur kamera digital Anda ke mode potrait ketika Anda mengambil foto orang. Modus potrait akan mengatur warna gambar untuk warna kulit dengan sempurna.
  2. Landscape : Gunakan setting ini pada kamera DSLR ketika Anda mengambil foto pantai atau pemandangan gunung.
  3. Close Up : Gunakan setting ini pada kamera DSLR bila Anda ingin memotret benda kecil sehingga mereka mengisi seluruh frame seolah terlihat lebih besar.
  4. Sport : Gunakan setting ini pada kamera DSLR bila Anda ingin memotret objek yang bergerak seperti anak atau anjing berjalan.
  5. Night Potrait : Gunakan setting ini pada kamera DSLR ketika Anda ingin menembak orang dalam cahaya rendah seperti waktu malam.
  6. Flash Off : Mode ini berguna untuk saat-saat ketika Anda tidak diizinkan untuk menggunakan flash. Sebagai contoh, dalam sebuah galeri seni. 
Setelah Anda mengetahui dengan baik mengenai pengaturan otomatis kamera Digital SLR, Anda dapat mulai belajar bagaimana menggunakan pengaturan manual seperti AV dan mode TV. Setting manual memberikan kontrol penuh atas fotografi Anda dan gaya gambar yang Anda ambil. Link berikut akan menjelaskan secara rinci bagaimana menggunakan semua setting manual kamera DSLR.  



1 komentar:

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus

Share It