Pages

Monday, July 16, 2012

Cara menggunakan aperture priority, AV (untuk Canon) atau A mode (untuk Nikon) pada kamera Digital SLR Anda

Untuk fotografer yang menggunakan kamera SLR, AV atau mode A menentukan apakah semua foto berada di dalam fokus atau sebagiannya saja. Misalnya fotografer dapat memilih untuk memiliki latar depan dan latar belakang yang tajam, atau mereka dapat mengaburkan latar belakang.
Pada kamera digital SLR, aperture ditandai dengan nilai f-nomor.
Semakin tinggi nilai F, Semakin banyak gambar yang akan di fokus. Sebagai contoh jika Anda mengambil foto sebuah pemandangan, kemungkinan Anda akan ingin semua latar depan dan latar belakang menjadi tajam dan fokus. Agar hal ini terjadi Anda perlu mengatur kamera digital Anda untuk nilai F atau aperture ke jumlah besar, misalnya f/11.
Di sisi lain jika Anda mengambil foto burung dan Anda menginginkan burung yang menjadi focusnya bukan latar belakang, maka Anda dapat memilih nomor F yang lebih kecil seperti F/4.
Anda dapat menseting aperture Digital SLR kamera dengan melihat layar LCD. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar, aperture dalam contoh yang ditetapkan pada F4.0. Tampilan pada LCD Anda mungkin terlihat berbeda untuk contoh ini, tergantung pada model kamera Anda.
 
 
Bagaimana mengatur kamera ke aperture priority?
 
Atur pada mode AV (Canon) atau A (Nikon)kemudian ubah pengaturan lainnya seperti kecepatan potret secara yang sesuai.
Setelah mode AV diaktifkan, Anda dapat mengatur jumlah F. untuk mengubah nilai F Anda mungkin perlu untuk melihat manual Anda untuk mengetahui bagaimana mengubah jumlah F (cara sesuai merk dan tipe kamera).
Ketika jumlah F kecil, diafragma lensa sebenarnya terbuka lebar. Jadi jika seseorang mengatakan kepada Anda bahwa Anda perlu membuka lensa Anda lebih besar, ini berarti anda diharuskan untuk menurunkan aperture atau nomor F. Atau, jika jumlah aperture besar, katakanlah F22 maka diafragma lensa lebih kecil atau lebih tertutup. Hal ini sering menyebabkan kebingungan yang sangant pada beberapa pemula.
 
 

2 comments: